Langsung ke konten utama

5 Faktor Kunci Keberhasilan Broadcast

5 Faktor Kunci Keberhasilan Broadcast

Banyak teman BB yang bertanya kepada Saya, “Coach, gimana sih caranya supaya Broadcast kita dibaca orang? Soalnya kalau Coach Dewa yang Broadcast, Saya pasti selalu baca, bahkan Saya save di notes”. Walah segitunya…. Hihihi..

Mendengar pertanyaan-pertanyaan seperti itu terlontar, membuat Saya penasaran sebenarnya apa yang membuat Broadcast Saya jadi menarik bagi orang lain. Karena penasaran, akhirnya Saya memutuskan untuk melakukan riset kecil-kecilan. Nah dari hasil riset tersebut (bukan berdasarkan data, tapi berdasarkan pengalaman),Saya menemukan bahwa ada 5 faktor kunci yang menentukan keberhasilan sebuah Broadcast.
5 Faktor kunci tersebut adalah:
 Market
 Who
 Timing
 Headline
 Copywriting
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu…

MARKET
Market yang dimaksud adalah “SIAPA TEMAN BB ANDA?”. Apakah mereka sangat targeted atau tidak. Apakah teman BB Anda adalah orang-orang yang menaruh minat pada Anda atau tidak. Karena bagaimanapun, kualitas kontak BB Anda akan berpengaruh terhadap seberapa besar % Closing dari Broadcast Anda. Semakin targeted, semakin bagus.
“Target market Anda 10x lebih penting daripada copywriting Broadcastnya itu sendiri”
Walaupun copywriting dan penawaran Anda bagus, tapi kalau orang-orang di kontak BB Anda tidak membutuhkan produk Anda, tetap saja mereka tidak akan tertarik untuk beli. Solusinya? Pastikan orang-orang yang ada di kontak BB Anda adalah target market ideal bisnis Anda.

Tips dari Saya:
 Pisahkan BB pribadi dengan BB bisnis
 Cantumkan nama pribadi Anda dalam Display Name BB bisnis Anda
 Biarkanlah orang lain yang invite pin BB Anda. Teman BB mu = Target Marketmu
 Jika Anda menggunakan jasa promote pin BB, pastikan kontak yang didapat dari jasa promote pin BB tersebut ada hubungannya dengan bisnis Anda.

WHO
Who yang dimaksud adalah “SIAPA ANDA DI MATA MEREKA?”. Sadar nggak sadar, siapa diri Anda akan sangat berpegaruh pada % Closing di setiap Broadcast Anda. Ini mengapa siapa Anda di mata mereka menjadi sangat penting.

Ingat, untuk bisnis skala UKM, siapa yang menjual LEBIH PENTING daripada merek produknya itu sendiri. Mereka akan beli produk Anda karena mereka merasa dekat dengan Anda. Karena ada kedekatan,
mereka percaya. Karena mereka percaya, mereka memutuskan beli ke Anda, bukan ke yang lain. Alurnya:
DEKAT - PERCAYA - BELI
Coba Anda pikirkan, apa sebenarnya yang membuat customer Anda yakin bahwa mereka harus beli ke Anda bukan ke yang lain? Jawabannya adalah KEPERCAYAAN….

Tips dari Saya:
 Empatilah pada teman BB Anda. Sering-seringlah tanya teman BB Anda, misal dengan memberikan komentar pada recent update mereka
 Jadilah orang yang positif. Berikan broadcast edukasi minimal 1 minggu sekali. Berikanlah sesuatu yang membuat mereka berpikir bahwa Anda adalah orang yang bermanfaat
 Semakin orang merasa bahwa Anda bermanfaat, semakin mereka mengecap dalam benak mereka bahwa Anda adalah orang yang positif. Semakin positif, semakin dekat, semakin percaya, dan semakin mudah untuk beli “Orang lain beli ke Anda tidak ke yang lain, semata-mata bukan karena produk Anda, melainkan karena siapa Anda di mata mereka”

TIMING
Timing disini maksudnya “WAKTU ANDA SAAT MENYEBARKAN BROADCAST”. Timing bisa dikategorikan menjadi 4 hal:
 Frekwensi : seberapa sering Anda melakukan Broadcast
 Tanggal : tanggal berapa Anda menyebarkan Broadcast
 Hari : hari apa Anda menyebarkan Broadcast
 Waktu : jam berapa Anda menyebarkan Broadcast
Walaupun target marketnya bagus, tapi timingnya tidak pas, akan sulit bagi orang lain untuk merespon Broadcast Anda.

Tips dari Saya:
 Jangan melakukan Broadcast terlalu sering. Dalam 1 bulan, lakukan Broadcast maksimal 8x. Artinya, Anda hanya memiliki kesempatan 2 hari dalam seminggu untuk menginfokan sesuatu yang sifatnya massal melalui Broadcast
 Lakukan Broadcast pada saat tanggal muda. Intinya pas target market Anda punya duit. Misalnya di pekan pertama atau pekan terakhir setiap bulannya
 Hindari menyebarkan Broadcast pada hari dimana orang-orang atau target market Anda sedang sibuk. Misal hari Sabtu malam (malam mingguan), Minggu pagi (family time), Kamis malam (yasinan), dan lain-lain
 Waktu yang Saya sarankan untuk menyebarkan Broadcast adalah jam 6, 7 pagi, dan 7,8,9 malam. Tolong jangan tanya kenapa! Panjang penjelasannya. Heheh….

HEADLINE
Headline yang dimaksud adalah “JUDUL UTAMA DALAM BROADCAST”. Jika headlinenya bagus, penjualannya pun akan bagus. Walaupun sebenarnya tujuan headline itu sendiri bukanlah untuk menjual, tapi
untuk membuat si penerima broadcast Anda “MAU BUKA”. “Headline adalah iklannya iklan Anda”

Tips dari Saya:
 Buat headline menarik, emosional, penasaran, dan atau kontroversi
 Buatlah 10 headline, dan pilihlah 1 headline terbaik yang menurut Anda benar-benar powerful
 Ujicobakan headline Anda kepada rekan atau tim bisnis Anda sebelum Anda menggunakannya dalam Broadcast Anda
 Gunakanlah pola Headline yang akan Saya berikan pada penjelasan berikutnya

COPYWRITING
Copywriting yang dimaksud adalah “ISI NASKAH BROADCAST ANDA”. Saya seringkali mendengar istilah, “Isi Broadcast itu jangan terlalu panjang, nanti orang malas bacanya!”. Apakah Anda sependapat?
Kalau Saya pribadi ditanya, Saya sangat TIDAK SETUJU! Broadcast bukanlah masalah panjang atau pendeknya. Justru, Broadcast yang panjang sering kali memberikan % Closing yang tinggi, asalkan TAHU
CARANYA.
“Broadcast bukan masalah panjang atau pendeknya, tapi masalah COPYWRITINGNYA”
Tips dari Saya:
 Tulislah Broadcast seperti Anda berbicara kepada satu orang, bukan massal
 Buatlah cerita yang menarik di setiap penawaran yang Anda berikan dalam Broadcast Anda
 Pelajari 7 Anatomi Broadcast berikut ini…


7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapat Hosting & Install Script Wordpres Gratis

1. Disini kita akan mencoba mengklaim hosting gratis via freehostia. Untuk memulai pendaftaran kunjungi situs resminya di www.freehostia.com Berikut Paket-paket yang ditawarkan oleh Freehostia : 2. Selanjutnya untuk memulai menginstall wordpres pada blog kita, silahkan anda cari tulisan wordpres lalu klik sampai ada halaman baru muncul. 3. Setelah halalaman baru muncul, maka di situ anda akan dihadapkan berbagai macam pilihan, mulai dari blog movable type, textpattern, b2evolution, wordpress dll. Karena Anda akan menginstall wordpres pada blog yang akan anda buat nanti, tentunya anda harus memilih menu wordpress (free installation) 4. Berikut form pendaftran yang harus anda isi. 5. Bila data yang anda masukkan sudah benar. Maka akan terbuka jendela baru. Tunggu proses pendaftaran selesai … 6. Anda akan menerima konfirmasi sukses dari freehostia. Segera cek email anda, untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Screen Shot : 7. Sekarang anda login ke email yang anda daftarkan tadi. Lalu b...

Cara Membuat Acount di LinkedIn

Seperti biasa cari di google.co.id , maka akan muncul seperti gambar di bawah ini: Akan muncul seperti ini : Isi seperti di bawah ini yaaaa, setalh itu janganlupa KLIK “Bergabung Sekarang” Mudah kan setelah itu akan tampil gambar seperti ini Setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini, KLIK “Lanjutkan” jika anda sudah mempunyai teman di gmail/di e-mail tersebut, tetapi jika anda baru saja membuat gmail/e-mail anda KLIK saja “Lewati Langkah ini” Setelah itu sekarang tinggal konfrimasi e-mail  Caranya Setelah buka e-mail pastikan anda sudah mengKLIK “Kotak Masuk” , KLIK yang berjudul konfrimasi E-mail LIKNEDIN Kemudian akan tampil seperti di bawah ini  Setelah di KLIK akan muncul gambar seperti ini .. Anda bisa mengelinkan ke Facebook dan juga ke Twitter, maksutnya begini, jika anda sedang update status di LIKEDIN, maka status tersebut akan muncul juga di Facebook dan juga Twitter. Pasti dalam hati anda muncul pertanyaan seperti ini. “Bagaimana bisa??”oke ini jawabnya : Kita...

Membuat Dan Menyetting Channel di Youtube

Ada beberapa hal yang mungkin belum diketahui oleh teman-teman. Misalnya gimana cara setting, gimana cara mengatur title video dan lainnya. Berikut pembahasan selengkapnya… Untuk membuat sebuah channel, silahkan buka youtube.com dan login dengan menggunakan email kamu. Setelah itu masuk ke halaman membuat channel atau saluran baru. Klik buat saluran baru atau create new channel (dalam Bahasa inggris) kemudian lakukan yang apa yang diminta selanjutnya. Lihat gambar di bawah ini…Oya nama channel lebih baik mengandung keyword atau kata kunci. Selanjutnya kita akan melihat halaman untuk pengaturan foto profile, sampul channel, pengaturan deskripsi channel dan lainnya. Silahkan di edit sesuai dengan yang diinginkan. Foto profilenya bisa dicari saja di google image. Untuk sampul bisa menggunakan gambar yang disediakan oleh youtube gallery atau cari saja di google image. Nah untuk linknya kita bisa memasukkan link fanspage facebook, twitter dan link website kita. Sedangkan untuk deskripsi, si...