Langsung ke konten utama

Penargetan Untuk Facebook Ads

Penargetan Untuk Facebook Ads

Banyak orang kesusahan dalam penargetan untuk produknya, padahal banyak yang bisa kita explorer.
Tidak hanya terhadap interest-interest yang berhubungan langsung, tapi juga berhubungan tidak langsung.
Tidak hanya terhadap demografi yang langsung menjadi sasaran, tapi juga demografi yang berhubungan tidak langsung.

jadi intinya disini adalah....
Ada 2 yang bisa kita explorer untuk penargetan, yaitu :
INTEREST
DEMOGRAFI (Jenis Kelamin, Umur, Status, slll)
Dan masing-masing, ada 2 bagian yang kita targetkan yaitu :
Sasaran yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Sasaran yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Mari kita bongkar satu persatu..
Penargetan berdasarkan INTEREST

Interest yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Ini maksudnya interest-interest yang kita masukkan itu terkait langsung dengan produk yang kita jual. Semua yang terkait langsung bisa jadi pilihan. Beberapa diantaranya adalah :
Interest tentang produk
Interest merk produk sejenis
Interest jenis-jenis produk turunan
Interest tempat2 yang berhubungan dengan produk
Interest siapa yang membutuhkan produk
Interest yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Kalau ini maksudnya, interest-interest yang kita masukkan itu jika digunakan atau dibeli, maka akan menunjang / mendukung atau menambah pengaruh dengan membeli produk yang kita jual. Beberapa diantaranya adalah :
Interest tentang produk pendukung
Interest tentang merk produk pendukung
Penargetan Berdasarkan DEMOGRAFI

Target yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Ini maksudnya, market yang akan mempergunakan atau benar-benar memerlukan produk yang kita jual.
Target yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk

Dan kalau ini maksudnya adalah market yang tidak membutuhkannya secara langsung tapi bisa membelinya untuk orang lain. Bisa karena hubungan keluarga, bisa karena hubungan cinta, bisa juga karena hubungan pertemanan.

Ambil Contoh
Biar menjadi jelas, saya kasih contoh jika yang dijual itu adalah produk KOSMETIK. Dari keterangan2 diatas, maka penentuan interest masing-masing jenis dapat kita buat seperti ini :
Interest yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk :
- Interest tentang produk  
  kosmetik, kecantikan, perawatan diri, salon kecantikan, skin care, beauty care,  
  pemutih kulit, dll
- Interest merk produk sejenis 
  Lore'al, Garnier, Pond's, Revlon, Olay, Maybelline, MAC Cosmetik dll

- Interest jenis-jenis produk turunan 
  Toner, Mascara, Lotion, Cleanser, Moisturizer, Lipstik, Wringkle, dll 

- Interest tempat2 yang berhubungan dengan produk 
  Natasha Skin Care, Sariayu Martha Tilaar, Facial Care Centre, dll

- Interest siapa yang membutuhkan produk  
  Pekerjaan yang memakai kosmetik : sales / marketing, sekretaris, administrasi  

Interest yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk :
- Interest tentang produk pendukung 
  jilbab, tas, sepatu, baju, kacamata, soft lens, parfum, dll

- Interest tentang merk produk pendukung
  Bata, Gucci, Luis Vitton, Armani, dll
Dan untuk target demografinya, misalkan :
Target yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Gender : Female
Age    : 22-50
Status : Menikah

Target yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk
Hubungan keluarga (Suami)
Gender : Male
Age    : 25-60
Status : menikah

Hubungan Keluarga (Ibu)
Gender : Female
Age    : 45+
Tapi  yang perlu diperhatikan disini adalah :
TARGET yang BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk, harus diikuti dengan INTEREST2 yang BERHUBUNGAN LANGSUNG atau TIDAK LANGSUNG dengan produk tersebut.
Untuk target yang TIDAK BERHUBUNGAN LANGSUNG dengan produk, tidak ada keharusan.
Gimana, udah mulai tercerahkan?

Apa yang saya sampaikan disini hanya contoh-contoh saja, silahkan teman-teman coba dengan produk yang teman-teman jual. Bisa jadi nanti malah teman-teman akan menemukan klasifikasi interest yang berbeda. :)
Terus bagaimana dari interest-interest yang sudah didapatkan untuk diletakkan dalam sebuah iklan di Facebook Ads?

Nanti akan saya buatkan di lain waktu... Ngeliat dulu tanggapan teman2 soal note ini :)
Kalau banyak yang suka, semangat saya untuk buatkan lebih cepat ^_^

Wassalam,

Andi Ikhrom Abi-ny Imam
Founder RevToCBBlueprint.com dan FBtoCBBlueprint(dot)com (Tunggu Updatenya)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Ada 7 Anatomi PENTING dalam Broadcast. Berikut adalah penjelasan lebih detilnya... 1. HEADLINE Tujuan: “MAU BUKA BROADCAST ANDA” Survey komunikasi visual membuktikan, kemampuan mata dan otak untuk membaca setiap broadcast BBM hanyalah 1,4 detik. Inilah fungsi dari headline. Ada 4 jenis Headline: Jebakan Berikut adalah contoh-contoh headline jebakan: HEADLINE JEBAKAN  Kamu dimana?  Oh ya, nomor rekeningnya berapa ya?  Yang itu harganya berapa sist?  Tadi saya udah transfer ya….  Warna lain ada sist?  Aaahh… tadi itu keren banget!  Katanya kamu bilang…  Kamu ternyata benar…  Saya lupa, tadi tuh gimana ya?  Gratis kan ya?  Ada bonusnya nggak?  Wow!  Kapan kita ketemuan?  Boleh lihat yang itu?  Kok susah dihubungi sih?  Berapa harganya? Pertanyaan Berikut contoh-contoh headline pertanyaan: HEADLINE PERTANYAAN  Apa Anda ingin tahu tentang………  Apa Anda tertarik dengan…………  Apa Anda dibuat penasaran oleh…….  Apa Anda siap untuk………  Apa Anda mau uang tambahan Rp…………. tiap

RISET PRODUK CHINA MURAH DAN LARIS

Masuknya produk elektronik maupun gadget asal Cina ke Indonesia telah mempengaruhi produksi merk-merk lain. Murahnya elektronik dan gadget buatan Cina, menjadi alasan tertariknya konsumen membeli berbagai produk buatan Cina. Barang-barang elektronik produksi China seperti televisi, VCD atau DVD player masih tampak dipajang disejumlah toko di pasar elektronik. Sejak masuknya produk China ke Indonesia, permintaan terhadap produk negeri negara bambu itu cukup tinggi kenaikannya. Biasanya pembeli terutama kalangan menengah kebawah memilih produk Cina, karena harganya yang juah lebih murah dari produk dengan merk ternama yang sudah ada. Meski dari segi kualitas dan daya tahan, barang produksi Cina masih diragukan. Berbagai produk terutama elektronik yang membanjiri Indonesia didominasi produk asal China terutama jenis laptop dan telepon seluler (ponsel). Meningkatnya produk China di pasaran Indonesia, dikarenakan barang yang dijual di pasaran lebih murah dibandingkan barang yang lainnya. Be

APA ITU HABIT

Habit adalah tindakan yang kita lakukan tanpa harus berpikir seolah-olah dikerjakan secara otomatis. Hidup kita terdiri dari sekumpulan habit. Banyak hal yang kita lakukan dikerjakan tanpa beban karena sudah menjadi kebiasaan. Anda tidak pernah lupa menyikat gigi saat mandi pagi. Beberapa orang otomatis akan meraih handphone jika bosan. Beberapa yang lain akan menyulut sebatang rokok begitu selesai makan. Semuanya dikerjakan otomatis karena sudah menjadi rutinitas. Itulah habit. Ada bagian otak manusia yang juga dapat ditemukan di kepala ikan, reptile dan mamalia lainnya. Bagian ini bernama galia basal. Hasil penelitian menyatakan bahwa bagian ini pusat pengingatan pola-pola kebiasaan di saat bagian otak lain tertidur. Anda tidak begitu saja bisa mngendarai kendaraan bukan? Saat pertama kali belajar, anda sangat sadar bagaimana memindahkan gigi, mengerem, dan memberi rambu saat berbelok. Namun kini anda bisa melakukannya sambil ngobrol, mendengarkan musik, atau bahkan melamunkan hal la