Langsung ke konten utama

30 teknik jualan laris 6

18. GALI ALASAN
‚APA ALASAN SAYA HARUS BELI PRODUK ANDA?‛
Seringkali kita perlu mengingatkan calon pembeli tentang alasan kenapa mereka harus beli produk kita. Inilah yang dimaksud dengan teknik GALI ALASAN.
Ada beberapa alasan yang kita gali dan beritahu kepada calon pembeli kita, diantaranya:
 Kenapa Saya harus beli produk Anda?
 Kenapa Saya harus beli ke Anda?
 Kenapa Saya harus beli sekarang?
Untuk memudahkan dalam memahaminya, Saya akan ambil contoh penggunakan teknik GALI ALASAN ini untuk produk-produk Saya yang ada di www.Billionaire-Store.com.

“Kenapa Saya harus beli produk Anda?”
1. Produknya berupa buku-buku praktis yang mudah dipraktikkan
2. Isinya bukan hanya motivasi, apalagi hanya sekedar teori. Full strategi dan teknik yang sudah terbukti
3. Bahasanya ringan dan mudah dimengerti
4. Disertai banyak ilustrasi sehingga tidak membosankan untuk dibaca
5. Ditulis oleh penulis buku best seller, @DewaEkaPrayoga
6. Telah direkomendasikan oleh banyak tokoh-tokoh entrepreneur sukses di Indonesia
7. Sudah terbukti mendapatkan banyak testimoni positif dari para pembacanya
“Kenapa Saya harus beli ke Anda?”
1. Karena produk ini tidak dijual di toko buku
2. Disini Anda bisa mendapatkan banyak DISKON, HADIAH, dan BONUS Spesial
3. Akan tergabung dengan komunitas Billionaire Club yang akan dibimbing langsung oleh @DewaEkaPrayoga
“Kenapa Saya harus beli sekarang?”
1. Dicetak terbatas
2. Promo DISKON tidak akan terulang
3. Harga Spesial hanya berlaku sampai hari ini
4. BONUS Spesial khusus untuk 30 orang tercepat
Bagaimana, sudah terbayang maksud Saya?
Intinya, Anda harus mengingatkan calon pembeli kenapa mereka harus beli produk Anda, kenapa mereka harus beli di Anda (bukan di yang lain), dan kenapa mereka harus beli sekarang (tidak besok, atau lusa, atau minggu depan). Walaupun bisa jadi calon pembeli tidak menanyakannya, tapi cobalah Anda jelaskan terlebih dahulu mengenai alasan-alasan tersebut.
Kalau Anda sudah mampu menggali alasan-alasan ini, maka jualan bukan lagi sesuatu yang susah. Percayalah...

19. IKUT-IKUTAN
‚ORANG INDONESIA SUKA IKUT-IKUTAN. SILAKAN MANFAATKAN!‛

Orang Indonesia suka ikut-ikutan. Nggak percaya?
Jika Anda berada di sebuah mall, melihat kafe yang A ramai, yang B sepi, Saya yakin kemungkinan besar Anda memilih kafe A. Kecuali Anda orang yang melawan arus, atau nggak punya fulus. Hehe..
Teknik IKUT-IKUTAN bisa Anda gunakan untuk melariskan jualan Anda. Misalnya, jika Anda baru buka sebuah restoran, tugas Anda yang pertama adalah meramaikannya terlebih dulu. Yang penting rame dulu! Kalau udah rame, orang lain bakal penasaran, “Wah restoran ini rame banget.. Pasti enak... Buktinya sampe membludak gitu...”. Nyatanya bisa jadi rasa makanannya biasa-biasa saja. Hanya saja konsep restorannya dibuat unik dan ramai, untuk memancing pengunjung yang lain datang kesana.
Teknik ini juga bisa dilakukan saat Anda ingin menjual produk Anda, misalnya dalam menu makanan Anda bertuliskan:
 “Best Seller”
 “Rekomendasi Chef”
 “Enaak...!!”
 “Paling Banyak Dicari....”
“Berarti hanya untuk makanan aja dong coach?”
Kata siapa? Coba sekali-kali Anda berkunjung dan belanja ke Rabbani. Lihat tulisan yang bergantungan di setiap tempatnya. Baca dan resapi apa makna dan teknik yang dia gunakan. #BukanIklanBerbayar hehe

Oh ya, contoh lain penggunakan teknik ikut-ikutan adalah dengan menginfokan kepada calon pembeli Anda seolah-olah produk Anda sudah digunakan oleh banyak orang. Misalnya...
 “9 dari 10 wanita sudah menggunakan XYZ...”
 “Artis sekelas ABC saja sudah pernah makan disini, bagaimana dengan Anda?”
 “Ustadz YZ saja sudah join, kamu?”
 dan lain-lain
Sudah terbayang inti dari teknik Ikut-ikutan ini?

20. TONJOLKAN MANFAAT
‚JELASKAN MANFAATNYA, BUKAN FITURNYA‛
Pada hakikatnya, orang lain TIDAK PERNAH membeli produk Anda. Mereka membeli ‘sesuatu’ di balik produk tersebut. Orang tidak pernah membeli shampoo, mereka membeli khasiat dari shampoo yang diberikan (meluruskan rambut, menghilangkan ketombe, membuat harum, agar tidak rontok, menghilangkan ketombe dan tidak balik lagi, dll). Orang tidak pernah membeli mobil, mereka membeli fungsi dari mobil tersebut (kecepatannya, kemewahannya, simpel, bahan bakarnya yang irit, fungsional untuk keluarga, dll).
Teknik TONJOLKAN MANFAAT menuntut Anda untuk menguasai Product Knowledge dan detail manfaat dari produk yang Anda jual. Jangan sampai ketika calon pembeli Anda bertanya kepada Anda, Anda tidak tahu jawabannya.
Beberkan detail manfaat yang terkandung dalam produk atau jasa Anda tanpa merugikan Anda sendiri. Jelaskan kepada calon pembeli Anda, tonjolkan manfaatnya, bukan hanya fiturnya.

21. 123
‚BERIKAN 3 KEUNTUNGAN SECARA RINGKAS DALAM SATU PENAWARAN‛
Teknik 123 digunakan saat Anda menjelaskan keuntungan yang akan calon pembeli dapatkan jika mereka membeli produk Anda. Berikan 3 keuntungan secara ringkas dalam satu penawaran. Hal ini akan membuat calon pembeli Anda lebih tertarik dibandingkan jika Anda hanya menjelaskan 1 keuntungan saja.
Contoh:
 “Kalau ibu pakai produk ini, ibu akan Lebih Sehat, Lebih Cantik, dan terlihat 10 tahun Lebih Muda. Coba saja bu…”
 “Ikut Seminar ini, akan membuat Anda Lebih Kaya, Lebih Sukses, dan memiliki Lebih Banyak Jaringan”
 “Produk ini Lebih Murah, Lebih Cepat, dan Lebih Dapat diandalkan untuk berinternet daripada produk lainnya”
 “Jika Anda membeli mobil hari ini, kami akan Memberikan Asuransi, FREE Service selama 3 bulan, dan Sensor Parkir GRATIS ”
 “Kalau ibu beli hari ini, ibu dapat BONUS ekstra bed, bantal, dan GRATIS diantar sampai rumah”

22. BEFORE AFTER NOW
‚CERITAKAN APA YANG ANDA RASAKAN‛
Teknik BEFORE AFTER NOW menggunakan rasa empati ketika menjalankannya. Teknik ini akan menunjukan kepada calon pembeli bahwa Anda sudah sering mengalami atau menghadapi keberatan yang sama, dan seiring waktu, keberatan tersebut tersebut terbukti salah, dan Anda mulai merasakan manfaat dari produk tersebut sekarang.
Contoh:
 “Sebelumnya Saya juga memiliki masalah yang sama, tetapi setelah memakai produk ini, semua masalah yang mengganggu hilang dalam sekejap!”
 “Dulu Saya pun berpikir sama seperti Anda. Semua MLM itu sama. Dan Saya benar-benar merasakan apa yang Anda rasakan sekarang. Tapi setelah Saya menemukan MLM ini, perasaan tersebut berubah. Jika tidak percaya, Anda bisa luangkan waktu 15 menit untuk Saya jelaskan lebih dalam..?”
 “Dulu banyak juga orang yang meragukan khasiat dari produk herbal ini. Setelah itu saya coba berikan gratis dan rasakan manfaatnya dalam 2 minggu ini. Sekarang mereka tidak hanya menjadi konsumen, tapi juga merekomendasikan produk ini ke teman-temannya...”
 “Dulu orang-orang menganggap produk ini mahal. Setelah itu saya minta mereka membandingkan sendiri harga produk ini dengan yang lainnya yang sejenis. Sekarang mereka menjadi pelanggan tetap saya, karena produk ini memang sangat terjangkau dan sangat berkualitas”
 “Sebelumnya saya pun tidak tertarik jadi reseller produk ini. Setelah itu saya coba iseng jual, eh ternyata laku keras. Sekarang saya putuskan jadi distributor produknya”

 30 teknik jualan laris 7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Ada 7 Anatomi PENTING dalam Broadcast. Berikut adalah penjelasan lebih detilnya... 1. HEADLINE Tujuan: “MAU BUKA BROADCAST ANDA” Survey komunikasi visual membuktikan, kemampuan mata dan otak untuk membaca setiap broadcast BBM hanyalah 1,4 detik. Inilah fungsi dari headline. Ada 4 jenis Headline: Jebakan Berikut adalah contoh-contoh headline jebakan: HEADLINE JEBAKAN  Kamu dimana?  Oh ya, nomor rekeningnya berapa ya?  Yang itu harganya berapa sist?  Tadi saya udah transfer ya….  Warna lain ada sist?  Aaahh… tadi itu keren banget!  Katanya kamu bilang…  Kamu ternyata benar…  Saya lupa, tadi tuh gimana ya?  Gratis kan ya?  Ada bonusnya nggak?  Wow!  Kapan kita ketemuan?  Boleh lihat yang itu?  Kok susah dihubungi sih?  Berapa harganya? Pertanyaan Berikut contoh-contoh headline pertanyaan: HEADLINE PERTANYAAN  Apa Anda ingin tahu tentang………  Apa Anda tertarik dengan…………  Apa Anda dibuat penasaran oleh…….  Apa Anda siap untuk………  Apa Anda mau uang tambahan Rp…………. tiap

RISET PRODUK CHINA MURAH DAN LARIS

Masuknya produk elektronik maupun gadget asal Cina ke Indonesia telah mempengaruhi produksi merk-merk lain. Murahnya elektronik dan gadget buatan Cina, menjadi alasan tertariknya konsumen membeli berbagai produk buatan Cina. Barang-barang elektronik produksi China seperti televisi, VCD atau DVD player masih tampak dipajang disejumlah toko di pasar elektronik. Sejak masuknya produk China ke Indonesia, permintaan terhadap produk negeri negara bambu itu cukup tinggi kenaikannya. Biasanya pembeli terutama kalangan menengah kebawah memilih produk Cina, karena harganya yang juah lebih murah dari produk dengan merk ternama yang sudah ada. Meski dari segi kualitas dan daya tahan, barang produksi Cina masih diragukan. Berbagai produk terutama elektronik yang membanjiri Indonesia didominasi produk asal China terutama jenis laptop dan telepon seluler (ponsel). Meningkatnya produk China di pasaran Indonesia, dikarenakan barang yang dijual di pasaran lebih murah dibandingkan barang yang lainnya. Be

APA ITU HABIT

Habit adalah tindakan yang kita lakukan tanpa harus berpikir seolah-olah dikerjakan secara otomatis. Hidup kita terdiri dari sekumpulan habit. Banyak hal yang kita lakukan dikerjakan tanpa beban karena sudah menjadi kebiasaan. Anda tidak pernah lupa menyikat gigi saat mandi pagi. Beberapa orang otomatis akan meraih handphone jika bosan. Beberapa yang lain akan menyulut sebatang rokok begitu selesai makan. Semuanya dikerjakan otomatis karena sudah menjadi rutinitas. Itulah habit. Ada bagian otak manusia yang juga dapat ditemukan di kepala ikan, reptile dan mamalia lainnya. Bagian ini bernama galia basal. Hasil penelitian menyatakan bahwa bagian ini pusat pengingatan pola-pola kebiasaan di saat bagian otak lain tertidur. Anda tidak begitu saja bisa mngendarai kendaraan bukan? Saat pertama kali belajar, anda sangat sadar bagaimana memindahkan gigi, mengerem, dan memberi rambu saat berbelok. Namun kini anda bisa melakukannya sambil ngobrol, mendengarkan musik, atau bahkan melamunkan hal la