Langsung ke konten utama

Pembuatan Artikel Untuk Menu Halaman Atau Page Pada Website

Page Pada Website

Perlu kita ketahui bahwa menu page atau halaman pada sebuah website adalah salah satu hal yang sangat penting. Menu page atau menu halaman tersebut berguna untuk menambah trust dari para pengunjung. Halaman atau page juga akan membuat pengunjung menjadi lebih mudah untuk memahami langkah-langkah dan peraturan yang ada di website kita.

Adapun halaman-halaman menu yang harus kita buat adalah…
- Halaman About atau Tentang Kami
- Halaman Our Service atau Our Product
- Halaman Mengapa Kami atau Why Us
- Halaman Visi Dan Misi
- Halaman FAQ atau Panduan
- Halaman Disclaimer dan Peraturan
- Halaman Kontak Kami
- Halaman Testimonial (jika menjual produk dan jasa)
- Halaman Our Team (jika ada)
- Halaman Our Client atau Klien Kami (jika ada)
- Halaman Our Network atau Partner (jika ada)

Berikut adalah penjelasan untuk tiap halaman di atas
 
1. Halaman about atau tentang kami
Halaman about atau halaman tentang kami ini sangat penting dan harus ada di website yang kita miliki. Halaman ini bertujuan agar pengunjung dapat membaca history mengenai usaha yang sedang kita jalankan, siapa pendiri usaha tersebut, seperti apa perjalanan usaha kita dan lainnya. Adanya halaman about ini akan membuat pengunjung lebih percaya terhadap produk atau jasa yang kita jual.

2. Halaman our product / service
Mengapa harus membuat halaman our product atau our service ini? bukankah our service atau our product bisa ditampilkan di halaman depan saja?. Ya memang produk atau servis bisa cukup ditampilkan di halaman depan saja tapi ada hal-hal lain yang dapat membuat pengunjung merasa bingung tentang produk atau jasa yang kita miliki. Nah di halaman our product atau halaman our servis inilah kita dapat menjelaskan sedetail-detailnya tentang produk atau jasa yang kita miliki baik dari segi kualitas, jumlah, harga, waktu kerja dan lainnya. Judul halaman our produk atau halaman our service ini dapat ditulis dalam bahasa Indonesia seperti produk kami atau layanan kami.

3. Halaman mengapa kami atau why us
Halaman mengapa kami atau why us ini berguna sebagai perbandingan yang digunakan oleh pengunjung yang datang ke website kita. Para pengunjung atau calon pembeli akan dengan mudah dapat melihat apa saja kelebihan dan kekurangan jika membeli produk atau jasa di tempat kita. Harus diingat bahwa kita diwajibkan membuat halaman mengapa kami ini dengan sejujur-jujurnya (jangan melebih-lebihkan dengan yang tidak bisa kita berikan). Dalam penulisan kata-kata halaman mengapa kami ini, gunakanlah kata-kata yang menarik dan menjual. Dengan demikian pengunjung atau calon pembeli yang menghubungi kita untuk membeli produk atau jasa yang kita miliki sudah mengerti dan menerima segala kemungkinan yang ada. Kita bisa menyebut calon pembeli tersebut adalah pembeli yang memiliki loyalitas yang tinggi.

4. Halaman visi dan misi
Dengan membuat halaman visi dan misi ini, pengunjung dapat melihat tujuan (misi) anda berjualan produk atau jasa tersebut. Pengunjung juga dapat melihat visi anda ketika menjalankan usaha tersebut. Halaman yang satu ini akan membuat website dan tentunya usaha yang sedang anda jalani mendapatkan tanggapan yang baik dari calon pembeli atau pengunjung yang datang ke website anda

5. Halaman FAQ, Panduan Atau Tata Cara
Banyak website-website online store yang tidak menggunakan halaman yang satu ini. Padahal saat ini masih banyak pengunjung yang tidak terlalu paham bagaimana cara bertransaksi di internet (mengenai apa saja yang harus dilakukan, bagaimana cara pembayaran dan lainnya). Tentunya hal ini akan menyulitkan para pengunjung jika website tidak menggunakan halamanfaq, panduan atau tata cara. Pengunjung yang bingung tentang bagaimana cara melakukan pembelian atau transaksi dan lainnya, merasa bahwa website yang dikunjunginya kurang bisa dipercaya dan akhirnya mereka pun meninggalkan website tersebut. “Bukankah pengunjung bisa langsung menanyakan ke customer support yang ada di website?”. Yup memang bisa, yang
menjadi alasan lainnya untuk pemasangan halaman FAQ, panduan dan tata cara adalah, terkadang ada pengunjung yang ingin lihat-lihat terlebih dahulu, dan sering kali terjadi “customer support lambat dalam memberikan respon atau tanggapan”. Pada halaman ini anda bisa menjelaskan secara detail bagaimana cara pembelian, berapa lama proses, apa saja garansinya, bagaimana metode pembayaran dan lainnya, sehingga pengunjung tidak akan kebingungan atau menggu lama respond dari customer service website anda.

6. Halaman Disclaimer Dan Peraturan
Mengapa harus memasang halaman disclaimer dan peraturan pada website yang kita miliki?. Halaman disclaimer atau dan halaman peraturan ini sangat berguna agar anda dapat menhandle apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan antara anda dan pembeli di kemudian hari.

Semisal, produk yang anda kirim ke pembeli anda tiba-tiba sampai dalam keadaan yang kurang baik. Jika anda sudah membuat penjelasan pada halaman disclaimer tentang jika produk telah dikirimkan dan tidak lagi menjadi tanggungan anda jika produk rusak, maka pembeli yang sudah membeli produk di tempat anda tidak akan menuntut atau merasa dirugikan. Begitu juga jika anda telah menuliskan tentang akan ada garansi yang diberikan jika produk rusak ketika dikirimkan, maka pengunjung akan merasa tenang karena produk tersebut tetap akan diganti.

Sangat banyak hal-hal diluar dugaan yang dapat terjadi dan sangat banyak calon pembeli yang sangat teliti atau bisa dikatakan rewel .

Satu contoh lagi adalah calon pembeli menghubungi anda ingin membeli produk yang anda jual, anda pun menyiapkan produk tersebut dengan baik, tapi tiba-tiba calon pembeli tersebut sulit dihubungi dan anda menjual produk yang telah disiapkan tadi ke pembeli lainnya. Namun setelah produk terjual, pembeli pertama tadi datang lagi, dan kali ini dengan marah-marah menanyakan mengapa produk tersebut dijual?. Alasan pembeli pertama tadi adalah, saat itu dia sedang ada kesibukan. Apa yang akan anda lakukan?. Saya yakin anda akan bingung bukan?, berbeda jika anda sudah menuliskan dengan tegas tentang peraturan pembelian atau pemesanan produk yang anda jual. Pembeli akan mematuhi hal tersebut, dan apabila mereka melanggar, maka sanksi sudah jelas tertera di website anda.

7. Halaman kontak kami
Mengapa harus membuat halaman kontak kami padahalkan bisa dipasang di sidebar saja
nomor kontak kita?. Ya, memang nomor kontak bisa dipasang di sidebar (widget) website saja.
Halaman kontak yang saya maksud disini adalah halaman kontak dengan tambahan contact
form, sehingga pengunjung bisa mengirim email tanpa harus login ke email mereka terlebih
dahulu. Sangat banyak loh pengunjung yang merasa dengan menghubungi melalui email
mereka lebih bisa menjelaskan secara detail tentang apa yang mereka mau dan mereka
butuhkan. Terkadang banyak calon pembeli yang ragu, malas atau malu ketika harus melakukan
kontak langsung seperti melakukan contact by phone dan lainnya.

8. Halaman Testimonial
Halaman testimonial merupakan tolak ukur bagi calon pembeli untuk mengetahui kelebihan dan fakta dari produk atau jasa yang anda jual. Testimonial kan bisa dibuat sendiri saja?, yup benar, tapi pada halaman testimonial kali yang saya maksudkan adalah membuat testimonial yang lebih nyata seperti testimonial dalam bentuk video, screenshot pada email, bb dan lainnya. Pengunjung akan membuka pikirian mereka untuk lebih percaya akan produk dan jasa yang anda miliki. Nice isn't it?...

9. Halaman our team
Pernahkah anda melihat halaman our team pada sebuah website yang menjual produk atau jasa?. Jika pernah, maka saya yakin anda berkata dalam hati "wah perusahaan maju nih" ketika melihat halaman our team tersebut. Padahal,tentunya anda tidak mengenal orang-orang yang ada di halaman our team itu kan?:D. Ya itu juga yang akan dipikirkan oleh calon pengunjung yang datang ke website anda dan melihat halaman our team website anda. Anda bisa memasang foto-foto dari mereka yang ikut kerja atau mereka yang menjadi team dari bisnis yang sedang anda jalankan.

10. Halaman Our Client / klien Kami
"Wah sudah banyak juga yang menggunakan produk atau jasa website ini". Apa yang anda pikirkan ketika salah seorang teman atau kerabat berkata seperti itu kepada anda ketika mengunjungi sebuah ia halaman our client sebuah website . Saya yakin salah satu jawaban anda adalah "berarti produk atau jasa mereka cukup bagus!". Nah pendapat atau pemikirian yang seperti itulah yang akan kita dapatkan jika kita membuat dan mengatur halaman our client atau klien kami.

11. Halaman Our Network Atau Our Partner

Pada halaman ini anda bisa menempatkan apa saja website bisnis atau website lainnya yang merupakan milik anda atau perusahaan anda. Dengan demikian, bisa dikatakan secara tidak langsung anda telah mempromosikan bisnis anda yang lainnya kepada calon pembeli, karena sebagian besar pengunjung yang masuk ke halaman tersebut akan merasa penasaran dan mengunjungi website yang tertera disana. Jadi buatlah halaman our network dengan tampilan yang baik.

Lalu bagaimana dengan halaman our partner?. Halaman our partner bisa ditujukan untuk memancing perusahaan-perusahaan atau pemilik bisnis lainnya untuk ikut bekerja sama dengan anda, baik dari segi promosi, SDM dan lainnya. Halaman our partner juga akan sangat berpengaruh pada pemikiran calon pembeli yang datang ke website anda, seperti kata-kata  yang satu ini "banyak perusahaan atau pemilik bisnis yang percaya untuk bekerja sama dengan pemilik website ini, berarti saya tidak perlu ragu lagi untuk membeli produk atau jasa disini".

“Banyak juga halaman-halaman yang harus kita buat pada website atau toko online kita ya?”. Ya begitulah hehhehe. Memang ada banyak halaman atau page yang akan kita buat pada toko online yang kita miiliki. Namun jangan mengeluh dan cepat menyerah ya!, yakinlah kerja keras anda tidak akan sia-sia jika anda bersungguh-sungguh melakukannya. Yuk mari dipersiapkan halaman atau page yang baik untuk about, why us dan halaman lainnya pada website anda .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Ada 7 Anatomi PENTING dalam Broadcast. Berikut adalah penjelasan lebih detilnya... 1. HEADLINE Tujuan: “MAU BUKA BROADCAST ANDA” Survey komunikasi visual membuktikan, kemampuan mata dan otak untuk membaca setiap broadcast BBM hanyalah 1,4 detik. Inilah fungsi dari headline. Ada 4 jenis Headline: Jebakan Berikut adalah contoh-contoh headline jebakan: HEADLINE JEBAKAN  Kamu dimana?  Oh ya, nomor rekeningnya berapa ya?  Yang itu harganya berapa sist?  Tadi saya udah transfer ya….  Warna lain ada sist?  Aaahh… tadi itu keren banget!  Katanya kamu bilang…  Kamu ternyata benar…  Saya lupa, tadi tuh gimana ya?  Gratis kan ya?  Ada bonusnya nggak?  Wow!  Kapan kita ketemuan?  Boleh lihat yang itu?  Kok susah dihubungi sih?  Berapa harganya? Pertanyaan Berikut contoh-contoh headline pertanyaan: HEADLINE PERTANYAAN  Apa Anda ingin tahu tentang………  Apa Anda tertarik dengan…………  Apa Anda dibuat penasaran oleh…….  Apa Anda siap untuk………  Apa Anda mau uang tambahan Rp…………. tiap

RISET PRODUK CHINA MURAH DAN LARIS

Masuknya produk elektronik maupun gadget asal Cina ke Indonesia telah mempengaruhi produksi merk-merk lain. Murahnya elektronik dan gadget buatan Cina, menjadi alasan tertariknya konsumen membeli berbagai produk buatan Cina. Barang-barang elektronik produksi China seperti televisi, VCD atau DVD player masih tampak dipajang disejumlah toko di pasar elektronik. Sejak masuknya produk China ke Indonesia, permintaan terhadap produk negeri negara bambu itu cukup tinggi kenaikannya. Biasanya pembeli terutama kalangan menengah kebawah memilih produk Cina, karena harganya yang juah lebih murah dari produk dengan merk ternama yang sudah ada. Meski dari segi kualitas dan daya tahan, barang produksi Cina masih diragukan. Berbagai produk terutama elektronik yang membanjiri Indonesia didominasi produk asal China terutama jenis laptop dan telepon seluler (ponsel). Meningkatnya produk China di pasaran Indonesia, dikarenakan barang yang dijual di pasaran lebih murah dibandingkan barang yang lainnya. Be

APA ITU HABIT

Habit adalah tindakan yang kita lakukan tanpa harus berpikir seolah-olah dikerjakan secara otomatis. Hidup kita terdiri dari sekumpulan habit. Banyak hal yang kita lakukan dikerjakan tanpa beban karena sudah menjadi kebiasaan. Anda tidak pernah lupa menyikat gigi saat mandi pagi. Beberapa orang otomatis akan meraih handphone jika bosan. Beberapa yang lain akan menyulut sebatang rokok begitu selesai makan. Semuanya dikerjakan otomatis karena sudah menjadi rutinitas. Itulah habit. Ada bagian otak manusia yang juga dapat ditemukan di kepala ikan, reptile dan mamalia lainnya. Bagian ini bernama galia basal. Hasil penelitian menyatakan bahwa bagian ini pusat pengingatan pola-pola kebiasaan di saat bagian otak lain tertidur. Anda tidak begitu saja bisa mngendarai kendaraan bukan? Saat pertama kali belajar, anda sangat sadar bagaimana memindahkan gigi, mengerem, dan memberi rambu saat berbelok. Namun kini anda bisa melakukannya sambil ngobrol, mendengarkan musik, atau bahkan melamunkan hal la