Langsung ke konten utama

30 teknik jualan laris 2

3.KELANGKAAN
‚SEMAKIN LANGKA SUATU PRODUK, SEMAKIN BANYAK PERMINTAAN‛
Disadari atau tidak, orang suka eksklusivitas. Nilai eksklusivitas ini bisa ditunjukkan dengan sebuah kelangkaan atau keterbatasan.

Yang termasuk langka itu TIDAK sampai puluhan jumlahnya. Kalau sudah sampai puluhan, ratusan, bahkan ribuan, itu sudah tidak terbatas lagi. Hati-hati, jangan sampai blunder.

Apa saja yang bisa Anda buat langka?
 Jumlah barang/stoknya
 Jumlah produksinya
 Jumlah pembelinya
 Akses membelinya
Contoh...
 “Produk ini jumlahnya terbatas. Hanya ada 3…” (Jumlah Barang/Stok)
 “Baju ini dibuat secara custom, hanya ada 1. Memang dibuat eksklusif...” (Jumlah Produksi)
 “Seminar ini terbatas hanya untuk 30 orang saja...” (Jumlah Pembeli)
 “Maaf, tidak semua orang bisa ikut Training ini. Khusus member saja…” (Akses Membeli)
 “Buku ini tidak dijual di toko buku biasa, hanya melalui reseller...” (Akses membeli)

Yang perlu dicatat, dalam teknik KELANGKAAN, saat menawarkan sebuah produk Anda tidak boleh berbohong. Kalau memang tidak terbatas, ya jangan katakan terbatas. Gunakan sesuai porsinya saja dan sesuai kenyataan. Sekali lagi, JANGAN BERBOHONG!
30 teknik jualan laris
4.NOW OR NEVER
‚SETIAP ORANG SUKA MENUNDA. DESAKLAH MEREKA DENGAN PENAWARAN YANG TIDAK BISA DITOLAK SAAT ITU JUGA!‛
Selain mencari-cari alasan, penyakit calon pembeli yang paling sering muncul saat kita jualan adalah MENUNDA-NUNDA...
 “Nanti aja deh...”
 “Tanya suami/istri dulu ya...”
 “Belum butuh nih....”
 “Pikir-pikir dulu ya....”
 “Besok saya hubungi lagi ya...”
 dan lain-lain

Oleh karena itu, teknik NOW OR NEVER ini sangat cocok untuk Anda dalam mengunci calon pembeli agar action beli hari itu juga. Caranya?

Berikanlah penawaran yang dapat memukau calon pembeli untuk bertindak cepat. Anda bisa menggunakan berbagai tipe penawaran, diantaranya...
 DISKON
 HADIAH
 BONUS Spesial
 GRATIS Ongkos Kirim
 Voucher senilai Rp .....
 dan lain-lain
Katakan kepada calon pembeli bahwa penawaran atau promo tersebut hanya berlaku khusus hari ini. Sehingga mereka berpikir bahwa mereka harus membeli sekarang juga. Jika tidak, mereka akan menyesal. Contoh...
 “Diskon 30% hanya berlaku untuk hari ini…”
 “Ini adalah hari terakhir promo…”
 “Hanya diadakan sekali seumur hidup. Tidak akan diadakan lagi…”
 “Sekaranglah saat yang paling tepat untuk bertransaksi. Besok harganya akan naik...”
 “Stok kami untuk barang ini sangat terbatas. Jika tidak diambil sekarang, Anda akan kehabisan...”
 “Sudah ada calon pembeli yang menawarnya. Saya khawatir barangnya habis. Lebih baik ambil sekarang...”
 “Jika Anda mendaftar hari ini, aku akan berikan tambahan diskon 2%. Tetapi khusus hari ini saja ya...”
 “Yang ini tinggal 1, kalau tidak diambil sekarang, besok khawatir keburu dibeli orang...”
 “Hari ini harganya hanya Rp 150.000. Besok harga naik 2x lipat...”
 “Voucher DISKON ini hanya berlaku sampai malam ini. Besok vouchernya hangus!”
30 teknik jualan laris
Ingat sekali lagi, penyakit setiap orang adalah menunda. Termasuk calon pembeli. Mereka akan sering menunda untuk beli besok, lusa, minggu depan, bulan depan, atau bahkan kapan-kapan. Kuncilah dengan teknik ini!

5. HARGA CORET
‚ORANG INGIN MEMBELI SESUATU YANG TERLIHAT LEBIH MURAH‛
30 teknik jualan laris
Teknik ini sangat POWERFUL ketika Anda melakukan promo terutama saat memainkan harga. Anda bisa menggunakannya di media-media promosi Anda, atau bahkan saat jualan langsung (tatap muka). Kalau Anda melakukannya secara langsung, Anda jelaskan bahwa harga aslinya adalah A, harga penawarannya yang sekarang adalah B.
Contoh:
30 teknik jualan laris
Coba perhatikan contoh diatas, jika seandainya Anda harus memilih untuk membeli produk dengan harga seperti diatas, manakah yang akan Anda beli? A atau B?

Berdasarkan survei, teknik HARGA CORET ini memberikan kontras yang sangat jelas. Orang akan cenderung lebih suka memilih yang B daripada yang A. Kenapa? Karena ada unsur emosi didalamnya. Secara tidak sadar ia akan membandingkan. Inilah yang harus kita manfaatkan.

Selain itu, orang pun cenderung ingin MENGHEMAT. Dengan teknik ini, orang akan menghitung sendiri berapa uang yang akan mereka hemat ketika dia memutuskan untuk membeli sekarang. Bahkan kalau perlu, saat menggunakan teknik ini, jelaskan pula berapa uang yang akan mereka hemat jika mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut. Contoh dalam kasus diatas: “Kalau ibu membeli produk ini sekarang, lumayan bu hemat Rp 120.000 lho...”

30 teknik jualan laris 3 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapat Hosting & Install Script Wordpres Gratis

1. Disini kita akan mencoba mengklaim hosting gratis via freehostia. Untuk memulai pendaftaran kunjungi situs resminya di www.freehostia.com Berikut Paket-paket yang ditawarkan oleh Freehostia : 2. Selanjutnya untuk memulai menginstall wordpres pada blog kita, silahkan anda cari tulisan wordpres lalu klik sampai ada halaman baru muncul. 3. Setelah halalaman baru muncul, maka di situ anda akan dihadapkan berbagai macam pilihan, mulai dari blog movable type, textpattern, b2evolution, wordpress dll. Karena Anda akan menginstall wordpres pada blog yang akan anda buat nanti, tentunya anda harus memilih menu wordpress (free installation) 4. Berikut form pendaftran yang harus anda isi. 5. Bila data yang anda masukkan sudah benar. Maka akan terbuka jendela baru. Tunggu proses pendaftaran selesai … 6. Anda akan menerima konfirmasi sukses dari freehostia. Segera cek email anda, untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Screen Shot : 7. Sekarang anda login ke email yang anda daftarkan tadi. Lalu b...

Cara Membuat Acount di LinkedIn

Seperti biasa cari di google.co.id , maka akan muncul seperti gambar di bawah ini: Akan muncul seperti ini : Isi seperti di bawah ini yaaaa, setalh itu janganlupa KLIK “Bergabung Sekarang” Mudah kan setelah itu akan tampil gambar seperti ini Setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini, KLIK “Lanjutkan” jika anda sudah mempunyai teman di gmail/di e-mail tersebut, tetapi jika anda baru saja membuat gmail/e-mail anda KLIK saja “Lewati Langkah ini” Setelah itu sekarang tinggal konfrimasi e-mail  Caranya Setelah buka e-mail pastikan anda sudah mengKLIK “Kotak Masuk” , KLIK yang berjudul konfrimasi E-mail LIKNEDIN Kemudian akan tampil seperti di bawah ini  Setelah di KLIK akan muncul gambar seperti ini .. Anda bisa mengelinkan ke Facebook dan juga ke Twitter, maksutnya begini, jika anda sedang update status di LIKEDIN, maka status tersebut akan muncul juga di Facebook dan juga Twitter. Pasti dalam hati anda muncul pertanyaan seperti ini. “Bagaimana bisa??”oke ini jawabnya : Kita...

Membuat Dan Menyetting Channel di Youtube

Ada beberapa hal yang mungkin belum diketahui oleh teman-teman. Misalnya gimana cara setting, gimana cara mengatur title video dan lainnya. Berikut pembahasan selengkapnya… Untuk membuat sebuah channel, silahkan buka youtube.com dan login dengan menggunakan email kamu. Setelah itu masuk ke halaman membuat channel atau saluran baru. Klik buat saluran baru atau create new channel (dalam Bahasa inggris) kemudian lakukan yang apa yang diminta selanjutnya. Lihat gambar di bawah ini…Oya nama channel lebih baik mengandung keyword atau kata kunci. Selanjutnya kita akan melihat halaman untuk pengaturan foto profile, sampul channel, pengaturan deskripsi channel dan lainnya. Silahkan di edit sesuai dengan yang diinginkan. Foto profilenya bisa dicari saja di google image. Untuk sampul bisa menggunakan gambar yang disediakan oleh youtube gallery atau cari saja di google image. Nah untuk linknya kita bisa memasukkan link fanspage facebook, twitter dan link website kita. Sedangkan untuk deskripsi, si...