Langsung ke konten utama

30 teknik jualan laris 2

3.KELANGKAAN
‚SEMAKIN LANGKA SUATU PRODUK, SEMAKIN BANYAK PERMINTAAN‛
Disadari atau tidak, orang suka eksklusivitas. Nilai eksklusivitas ini bisa ditunjukkan dengan sebuah kelangkaan atau keterbatasan.

Yang termasuk langka itu TIDAK sampai puluhan jumlahnya. Kalau sudah sampai puluhan, ratusan, bahkan ribuan, itu sudah tidak terbatas lagi. Hati-hati, jangan sampai blunder.

Apa saja yang bisa Anda buat langka?
 Jumlah barang/stoknya
 Jumlah produksinya
 Jumlah pembelinya
 Akses membelinya
Contoh...
 “Produk ini jumlahnya terbatas. Hanya ada 3…” (Jumlah Barang/Stok)
 “Baju ini dibuat secara custom, hanya ada 1. Memang dibuat eksklusif...” (Jumlah Produksi)
 “Seminar ini terbatas hanya untuk 30 orang saja...” (Jumlah Pembeli)
 “Maaf, tidak semua orang bisa ikut Training ini. Khusus member saja…” (Akses Membeli)
 “Buku ini tidak dijual di toko buku biasa, hanya melalui reseller...” (Akses membeli)

Yang perlu dicatat, dalam teknik KELANGKAAN, saat menawarkan sebuah produk Anda tidak boleh berbohong. Kalau memang tidak terbatas, ya jangan katakan terbatas. Gunakan sesuai porsinya saja dan sesuai kenyataan. Sekali lagi, JANGAN BERBOHONG!
30 teknik jualan laris
4.NOW OR NEVER
‚SETIAP ORANG SUKA MENUNDA. DESAKLAH MEREKA DENGAN PENAWARAN YANG TIDAK BISA DITOLAK SAAT ITU JUGA!‛
Selain mencari-cari alasan, penyakit calon pembeli yang paling sering muncul saat kita jualan adalah MENUNDA-NUNDA...
 “Nanti aja deh...”
 “Tanya suami/istri dulu ya...”
 “Belum butuh nih....”
 “Pikir-pikir dulu ya....”
 “Besok saya hubungi lagi ya...”
 dan lain-lain

Oleh karena itu, teknik NOW OR NEVER ini sangat cocok untuk Anda dalam mengunci calon pembeli agar action beli hari itu juga. Caranya?

Berikanlah penawaran yang dapat memukau calon pembeli untuk bertindak cepat. Anda bisa menggunakan berbagai tipe penawaran, diantaranya...
 DISKON
 HADIAH
 BONUS Spesial
 GRATIS Ongkos Kirim
 Voucher senilai Rp .....
 dan lain-lain
Katakan kepada calon pembeli bahwa penawaran atau promo tersebut hanya berlaku khusus hari ini. Sehingga mereka berpikir bahwa mereka harus membeli sekarang juga. Jika tidak, mereka akan menyesal. Contoh...
 “Diskon 30% hanya berlaku untuk hari ini…”
 “Ini adalah hari terakhir promo…”
 “Hanya diadakan sekali seumur hidup. Tidak akan diadakan lagi…”
 “Sekaranglah saat yang paling tepat untuk bertransaksi. Besok harganya akan naik...”
 “Stok kami untuk barang ini sangat terbatas. Jika tidak diambil sekarang, Anda akan kehabisan...”
 “Sudah ada calon pembeli yang menawarnya. Saya khawatir barangnya habis. Lebih baik ambil sekarang...”
 “Jika Anda mendaftar hari ini, aku akan berikan tambahan diskon 2%. Tetapi khusus hari ini saja ya...”
 “Yang ini tinggal 1, kalau tidak diambil sekarang, besok khawatir keburu dibeli orang...”
 “Hari ini harganya hanya Rp 150.000. Besok harga naik 2x lipat...”
 “Voucher DISKON ini hanya berlaku sampai malam ini. Besok vouchernya hangus!”
30 teknik jualan laris
Ingat sekali lagi, penyakit setiap orang adalah menunda. Termasuk calon pembeli. Mereka akan sering menunda untuk beli besok, lusa, minggu depan, bulan depan, atau bahkan kapan-kapan. Kuncilah dengan teknik ini!

5. HARGA CORET
‚ORANG INGIN MEMBELI SESUATU YANG TERLIHAT LEBIH MURAH‛
30 teknik jualan laris
Teknik ini sangat POWERFUL ketika Anda melakukan promo terutama saat memainkan harga. Anda bisa menggunakannya di media-media promosi Anda, atau bahkan saat jualan langsung (tatap muka). Kalau Anda melakukannya secara langsung, Anda jelaskan bahwa harga aslinya adalah A, harga penawarannya yang sekarang adalah B.
Contoh:
30 teknik jualan laris
Coba perhatikan contoh diatas, jika seandainya Anda harus memilih untuk membeli produk dengan harga seperti diatas, manakah yang akan Anda beli? A atau B?

Berdasarkan survei, teknik HARGA CORET ini memberikan kontras yang sangat jelas. Orang akan cenderung lebih suka memilih yang B daripada yang A. Kenapa? Karena ada unsur emosi didalamnya. Secara tidak sadar ia akan membandingkan. Inilah yang harus kita manfaatkan.

Selain itu, orang pun cenderung ingin MENGHEMAT. Dengan teknik ini, orang akan menghitung sendiri berapa uang yang akan mereka hemat ketika dia memutuskan untuk membeli sekarang. Bahkan kalau perlu, saat menggunakan teknik ini, jelaskan pula berapa uang yang akan mereka hemat jika mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut. Contoh dalam kasus diatas: “Kalau ibu membeli produk ini sekarang, lumayan bu hemat Rp 120.000 lho...”

30 teknik jualan laris 3 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Ada 7 Anatomi PENTING dalam Broadcast. Berikut adalah penjelasan lebih detilnya... 1. HEADLINE Tujuan: “MAU BUKA BROADCAST ANDA” Survey komunikasi visual membuktikan, kemampuan mata dan otak untuk membaca setiap broadcast BBM hanyalah 1,4 detik. Inilah fungsi dari headline. Ada 4 jenis Headline: Jebakan Berikut adalah contoh-contoh headline jebakan: HEADLINE JEBAKAN  Kamu dimana?  Oh ya, nomor rekeningnya berapa ya?  Yang itu harganya berapa sist?  Tadi saya udah transfer ya….  Warna lain ada sist?  Aaahh… tadi itu keren banget!  Katanya kamu bilang…  Kamu ternyata benar…  Saya lupa, tadi tuh gimana ya?  Gratis kan ya?  Ada bonusnya nggak?  Wow!  Kapan kita ketemuan?  Boleh lihat yang itu?  Kok susah dihubungi sih?  Berapa harganya? Pertanyaan Berikut contoh-contoh headline pertanyaan: HEADLINE PERTANYAAN  Apa Anda ingin tahu tentang………  Apa Anda tertarik dengan…………  Apa Anda dibuat penasaran oleh…….  Apa Anda siap untuk………  Apa Anda mau uang tambahan Rp…………. tiap

RISET PRODUK CHINA MURAH DAN LARIS

Masuknya produk elektronik maupun gadget asal Cina ke Indonesia telah mempengaruhi produksi merk-merk lain. Murahnya elektronik dan gadget buatan Cina, menjadi alasan tertariknya konsumen membeli berbagai produk buatan Cina. Barang-barang elektronik produksi China seperti televisi, VCD atau DVD player masih tampak dipajang disejumlah toko di pasar elektronik. Sejak masuknya produk China ke Indonesia, permintaan terhadap produk negeri negara bambu itu cukup tinggi kenaikannya. Biasanya pembeli terutama kalangan menengah kebawah memilih produk Cina, karena harganya yang juah lebih murah dari produk dengan merk ternama yang sudah ada. Meski dari segi kualitas dan daya tahan, barang produksi Cina masih diragukan. Berbagai produk terutama elektronik yang membanjiri Indonesia didominasi produk asal China terutama jenis laptop dan telepon seluler (ponsel). Meningkatnya produk China di pasaran Indonesia, dikarenakan barang yang dijual di pasaran lebih murah dibandingkan barang yang lainnya. Be

APA ITU HABIT

Habit adalah tindakan yang kita lakukan tanpa harus berpikir seolah-olah dikerjakan secara otomatis. Hidup kita terdiri dari sekumpulan habit. Banyak hal yang kita lakukan dikerjakan tanpa beban karena sudah menjadi kebiasaan. Anda tidak pernah lupa menyikat gigi saat mandi pagi. Beberapa orang otomatis akan meraih handphone jika bosan. Beberapa yang lain akan menyulut sebatang rokok begitu selesai makan. Semuanya dikerjakan otomatis karena sudah menjadi rutinitas. Itulah habit. Ada bagian otak manusia yang juga dapat ditemukan di kepala ikan, reptile dan mamalia lainnya. Bagian ini bernama galia basal. Hasil penelitian menyatakan bahwa bagian ini pusat pengingatan pola-pola kebiasaan di saat bagian otak lain tertidur. Anda tidak begitu saja bisa mngendarai kendaraan bukan? Saat pertama kali belajar, anda sangat sadar bagaimana memindahkan gigi, mengerem, dan memberi rambu saat berbelok. Namun kini anda bisa melakukannya sambil ngobrol, mendengarkan musik, atau bahkan melamunkan hal la