Langsung ke konten utama

Cara Meningkatkan CTR Adsense

Traffik/Pengunjung
Menurut saya, ini adalah faktor yang paling sulit untuk kita optimasi. Pertama, banyaknya pengunjung yang menjadi faktor paling penting adalah hal yang tidak mudah didapatkan. Kedua, tidak banyak pengunjung yang mau mengklik iklan anda. Poin pertama, adalah syarat mutlak yang harus terus anda optimalkan karena bagaimanapun banyaknya pengunjung berbanding lurus dengan penghasilan. Jadi, optimalkan dulu jumlah pengunjung anda, baru lakukan ketiga langkah dibawah ini.

1. Buat pengunjung nyaman
Yap, buat pengunjung nyaman. Jangan sampai mereka meng-close situs kita sebelum mereka membaca konten blog kita. Banyak hal yang bisa membuat pengunjung nyaman. 2 hal yang paling penting adalah konten dan desain, yang mana juga dibahas secara khusus pada artikel ini. Hal lain yang bisa membuat pengunjung nyaman, adalah gaya menulis anda. Tata bahasa yang lugas, jelas tapi santai juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung.

Kenyamanan pengunjung adalah untuk membuat pengunjung berlama-lama di blog kita dan mempertemukannya dengan iklan yang cocok bagi mereka.

2. Pengunjung dari mesin pencari lebih baik
Sumber traffik sebuah blog tentu saja berbeda-beda. Ada yang dari blogwalking, forum, media sosial dan mesin pencari. Dari semuanya, pengunjung yang paling berpotensi untuk klik iklan adalah pengunjung dari mesin pencari. Tanya kenapa? karena kebanyakan dari mereka datang
untuk mencari solusi yang mana solusi itu sangat mungkin ada pada iklan kita.

Alasan lainnya adalah mereka benar-benar tidak mengenal kita, sehingga mereka tidak akan segan-segan mengklik iklan jika iklan itu sesuai kebutuhan mereka. Berbeda dengan pengunjung dari blogwalking, forum atau media sosial yang notabene-nya datang karena kita berpromosi baik itu secara terang-terangan maupun tersembunyi. Mereka juga biasanya segan untuk mengklik iklan karena mereka tahu, kalau kita berpromosi. Jadi, optimalkan pengunjung yang berasal dari mesin pencari dengan optimasi SEO.

3. Karakteristik Pengunjung sangat menentukan
Ketahuilah bahwa karakteristik pengunjung setiap blog berbeda-beda. Ada pengunjung yang rela mengklik iklan karena respek dengan anda yang memberikan konten gratis, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang membenci anda karena ada iklan di blog anda. Semua karakteristik ini ditentukan oleh dari mana mereka berasal, Topik, konten dan desain blog anda, gaya menulis dan sebagainya.

Yang paling menentukan adalah topik blog anda. Blog dengan topik umum seperti kesehatan, olahraga dan pariwisata akan lebih mudah menerima klik iklan ketimbang blog dengan niche bisnis online atau tips blog. Hal ini karena pengunjung blog dengan topik umum, mereka hanya peduli dengan kebutuhan mereka. Sedangkan, pengunjung blog bisnis online dan tips blog,akan berpikir pikir dulu sebelum mengklik iklan karena mereka lebih kritis, - dan pelit

Desain Web dan Template
Desain yang saya sarankan dibawah berorientasi pada psikologi pengunjung agar perhatiannya tertuju pada iklan. Ditulis berdasarkan pengalaman dan analisa saya sendiri.

1. Layout Boxed dengan Lebar yang kecil
Jika anda melihat pada gambar, anda akan tahu apa yang saya maksud. Layout boxed dengan lebar 1000 piksel atau lebih kecil akan mempersempit dan memfokuskan area pandang pengunjung blog anda. Jadi, ketika ada iklan di samping konten, perhatian mereka hanya terbagi pada konten dan iklan, tidak pada elemen lain sehingga lebih mungkin untuk melakukan klik pada iklan tersebut.

2. Desain dengan dominasi warna dasar putih
Alasan desain anda harus didominasi warna putih, adalah jika ada elemen lain selain warna putih maka elemen tersebut akan lebih menonjol dan mendapat perhatian lebih daripada elemen lain. Nah, dalam hal ini iklanlah yang harus anda tonjolkan. Ketika area pandang pengunjung dipersempit dengan layout boxed, ditambah dengan menonjolnya iklan dari elemen lain tentu saja potensi klik iklan akan meningkat.

3. Gunakan left sidebar
Jika blog anda memiliki sidebar, maka tempatkan itu di sebelah kiri. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa orang-orang membaca dan melihat sebuah blog dari arah kiri ke kanan, sehingga elemen di sebelah kiri akan lebih menonjol ketimbang di sebelah kanan. Kecuali jika bahasa di blog anda
adalah bahasa arab atau RTL (right to left), maka anda harus melakukan sebaliknya.

4. Kurangi elemen dan widget
Megurangi elemen-elemen dan widget yang tidak penting adalah langkah tidak ada "pesaing" iklan anda yang akan mencuri perhatian pengunjung. Jika terpaksa harus menggunakan widget tertentu karena navigasi, usahakan tidak menonjol dan desainnya mirip dengan konten.

Dengan begini, tidak akan ada fokus lain yang diperhatikan pengunjung selain konten dan iklan.

Resiko dari menggunakan 4 poin diatas adalah desain blog anda akan menjadi sangat simple.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Ada 7 Anatomi PENTING dalam Broadcast. Berikut adalah penjelasan lebih detilnya... 1. HEADLINE Tujuan: “MAU BUKA BROADCAST ANDA” Survey komunikasi visual membuktikan, kemampuan mata dan otak untuk membaca setiap broadcast BBM hanyalah 1,4 detik. Inilah fungsi dari headline. Ada 4 jenis Headline: Jebakan Berikut adalah contoh-contoh headline jebakan: HEADLINE JEBAKAN  Kamu dimana?  Oh ya, nomor rekeningnya berapa ya?  Yang itu harganya berapa sist?  Tadi saya udah transfer ya….  Warna lain ada sist?  Aaahh… tadi itu keren banget!  Katanya kamu bilang…  Kamu ternyata benar…  Saya lupa, tadi tuh gimana ya?  Gratis kan ya?  Ada bonusnya nggak?  Wow!  Kapan kita ketemuan?  Boleh lihat yang itu?  Kok susah dihubungi sih?  Berapa harganya? Pertanyaan Berikut contoh-contoh headline pertanyaan: HEADLINE PERTANYAAN  Apa Anda ingin tahu tentang………  Apa Anda tertarik dengan…………  Apa Anda dibuat penasaran oleh…….  Apa Anda siap untuk………  Apa Anda mau uang tambahan Rp…………. tiap

RISET PRODUK CHINA MURAH DAN LARIS

Masuknya produk elektronik maupun gadget asal Cina ke Indonesia telah mempengaruhi produksi merk-merk lain. Murahnya elektronik dan gadget buatan Cina, menjadi alasan tertariknya konsumen membeli berbagai produk buatan Cina. Barang-barang elektronik produksi China seperti televisi, VCD atau DVD player masih tampak dipajang disejumlah toko di pasar elektronik. Sejak masuknya produk China ke Indonesia, permintaan terhadap produk negeri negara bambu itu cukup tinggi kenaikannya. Biasanya pembeli terutama kalangan menengah kebawah memilih produk Cina, karena harganya yang juah lebih murah dari produk dengan merk ternama yang sudah ada. Meski dari segi kualitas dan daya tahan, barang produksi Cina masih diragukan. Berbagai produk terutama elektronik yang membanjiri Indonesia didominasi produk asal China terutama jenis laptop dan telepon seluler (ponsel). Meningkatnya produk China di pasaran Indonesia, dikarenakan barang yang dijual di pasaran lebih murah dibandingkan barang yang lainnya. Be

APA ITU HABIT

Habit adalah tindakan yang kita lakukan tanpa harus berpikir seolah-olah dikerjakan secara otomatis. Hidup kita terdiri dari sekumpulan habit. Banyak hal yang kita lakukan dikerjakan tanpa beban karena sudah menjadi kebiasaan. Anda tidak pernah lupa menyikat gigi saat mandi pagi. Beberapa orang otomatis akan meraih handphone jika bosan. Beberapa yang lain akan menyulut sebatang rokok begitu selesai makan. Semuanya dikerjakan otomatis karena sudah menjadi rutinitas. Itulah habit. Ada bagian otak manusia yang juga dapat ditemukan di kepala ikan, reptile dan mamalia lainnya. Bagian ini bernama galia basal. Hasil penelitian menyatakan bahwa bagian ini pusat pengingatan pola-pola kebiasaan di saat bagian otak lain tertidur. Anda tidak begitu saja bisa mngendarai kendaraan bukan? Saat pertama kali belajar, anda sangat sadar bagaimana memindahkan gigi, mengerem, dan memberi rambu saat berbelok. Namun kini anda bisa melakukannya sambil ngobrol, mendengarkan musik, atau bahkan melamunkan hal la