Langsung ke konten utama

Test dan Ukur Efektifitas Iklan

Test dan Ukur Efektifitas Iklan

Iklan yang efektif adalah iklan yang dapat menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk dan jasa
yang dipasarkan.

Iklan yang baik memahami bahwa orang-orang tidak membeli produk, tapi membeli keuntungan
dari produk tersebut dan lebih dari itu iklan yang efektif adalah iklan yang mendapat perhatian dan
diingat serta membuat orang-orang bertindak untuk melakukan pembelian. ( Shultz and Tannenbaun dalam Shimp, 2000) Disatu pihak iklan dapat dipakai untuk membangun kesan jangka panjang suatu produk
atau merek dan di pihak lain memicu penjualan yang cepat.

Suatu iklan yang cenderung tidak mempunyai pengaruh utama pada perilaku konsumen maka akan diragukan bila iklan tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu merek.

Oleh karena itu agar merek produk dapat diterima oleh masyarakat maka iklannya harus dibuat seefektif mungkin, kreatif, menarik sehingga bisa menimbulkan pengaruh positif dan menciptakan keputusan pembelian konsumen.

Ada beberapa metode formal untuk mengukur efektifitas sebuah iklan. Namun secara personal, saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengevaluasi apakah iklan tersebut efektif atau tidak:
1. Apakah pesan dalam iklan yang disampaikan tepat sasaran marketnya? Kepada siapa Anda memasarkan? Apakah keyword interest dan demografi sudah sesuai dengan criteria pembeli produk Anda?
2. Apakah iklan Anda JELAS ‘menempel’ di ingatan audience? Apa pesan yang ingin Anda tuturkan? Cukupkah sekali saja orang membaca dia akan mengerti? Mungkinkah gambar dan text di iklan Anda terlalu rumit sehingga sulit dibaca apalagi diingat?
3. Apakah iklan tersebut berhasil mendatangkan Lead (calon pembeli)? Berapa PIN BB yang bertambah? Berapa sms yang masuk? Berapa follower yang baru? Berapa pembeli yang closing dari iklan?
4. Kapan Anda memasang iklan? Jam berapa anda memasang iklan? Pernahkah anda membandingkan hasilnya jika ditayangkan siang atau malam?
5. Dimana Anda memasang iklan? Apa media yang anda gunakan? Mengapa menggunakan media tersebut?

Apakah ada jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut? Sayangnya, tidak ada jawaban yang pasti karena jodoh market bagi produk anda bisa saja berbeda dari orang lain.

Namun tanpa mencoba anda tidak akan pernah tahu hasilnya. Sukses selalu untuk Anda!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Ada 7 Anatomi PENTING dalam Broadcast. Berikut adalah penjelasan lebih detilnya... 1. HEADLINE Tujuan: “MAU BUKA BROADCAST ANDA” Survey komunikasi visual membuktikan, kemampuan mata dan otak untuk membaca setiap broadcast BBM hanyalah 1,4 detik. Inilah fungsi dari headline. Ada 4 jenis Headline: Jebakan Berikut adalah contoh-contoh headline jebakan: HEADLINE JEBAKAN  Kamu dimana?  Oh ya, nomor rekeningnya berapa ya?  Yang itu harganya berapa sist?  Tadi saya udah transfer ya….  Warna lain ada sist?  Aaahh… tadi itu keren banget!  Katanya kamu bilang…  Kamu ternyata benar…  Saya lupa, tadi tuh gimana ya?  Gratis kan ya?  Ada bonusnya nggak?  Wow!  Kapan kita ketemuan?  Boleh lihat yang itu?  Kok susah dihubungi sih?  Berapa harganya? Pertanyaan Berikut contoh-contoh headline pertanyaan: HEADLINE PERTANYAAN  Apa Anda ingin tahu tentang………  Apa Anda tertarik dengan…………  Apa Anda dibuat penasaran oleh…….  Apa Anda siap untuk………  Apa Anda mau uang tambahan Rp…………. tiap

RISET PRODUK CHINA MURAH DAN LARIS

Masuknya produk elektronik maupun gadget asal Cina ke Indonesia telah mempengaruhi produksi merk-merk lain. Murahnya elektronik dan gadget buatan Cina, menjadi alasan tertariknya konsumen membeli berbagai produk buatan Cina. Barang-barang elektronik produksi China seperti televisi, VCD atau DVD player masih tampak dipajang disejumlah toko di pasar elektronik. Sejak masuknya produk China ke Indonesia, permintaan terhadap produk negeri negara bambu itu cukup tinggi kenaikannya. Biasanya pembeli terutama kalangan menengah kebawah memilih produk Cina, karena harganya yang juah lebih murah dari produk dengan merk ternama yang sudah ada. Meski dari segi kualitas dan daya tahan, barang produksi Cina masih diragukan. Berbagai produk terutama elektronik yang membanjiri Indonesia didominasi produk asal China terutama jenis laptop dan telepon seluler (ponsel). Meningkatnya produk China di pasaran Indonesia, dikarenakan barang yang dijual di pasaran lebih murah dibandingkan barang yang lainnya. Be

APA ITU HABIT

Habit adalah tindakan yang kita lakukan tanpa harus berpikir seolah-olah dikerjakan secara otomatis. Hidup kita terdiri dari sekumpulan habit. Banyak hal yang kita lakukan dikerjakan tanpa beban karena sudah menjadi kebiasaan. Anda tidak pernah lupa menyikat gigi saat mandi pagi. Beberapa orang otomatis akan meraih handphone jika bosan. Beberapa yang lain akan menyulut sebatang rokok begitu selesai makan. Semuanya dikerjakan otomatis karena sudah menjadi rutinitas. Itulah habit. Ada bagian otak manusia yang juga dapat ditemukan di kepala ikan, reptile dan mamalia lainnya. Bagian ini bernama galia basal. Hasil penelitian menyatakan bahwa bagian ini pusat pengingatan pola-pola kebiasaan di saat bagian otak lain tertidur. Anda tidak begitu saja bisa mngendarai kendaraan bukan? Saat pertama kali belajar, anda sangat sadar bagaimana memindahkan gigi, mengerem, dan memberi rambu saat berbelok. Namun kini anda bisa melakukannya sambil ngobrol, mendengarkan musik, atau bahkan melamunkan hal la