Langsung ke konten utama

Test dan Ukur Efektifitas Iklan

Test dan Ukur Efektifitas Iklan

Iklan yang efektif adalah iklan yang dapat menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk dan jasa
yang dipasarkan.

Iklan yang baik memahami bahwa orang-orang tidak membeli produk, tapi membeli keuntungan
dari produk tersebut dan lebih dari itu iklan yang efektif adalah iklan yang mendapat perhatian dan
diingat serta membuat orang-orang bertindak untuk melakukan pembelian. ( Shultz and Tannenbaun dalam Shimp, 2000) Disatu pihak iklan dapat dipakai untuk membangun kesan jangka panjang suatu produk
atau merek dan di pihak lain memicu penjualan yang cepat.

Suatu iklan yang cenderung tidak mempunyai pengaruh utama pada perilaku konsumen maka akan diragukan bila iklan tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu merek.

Oleh karena itu agar merek produk dapat diterima oleh masyarakat maka iklannya harus dibuat seefektif mungkin, kreatif, menarik sehingga bisa menimbulkan pengaruh positif dan menciptakan keputusan pembelian konsumen.

Ada beberapa metode formal untuk mengukur efektifitas sebuah iklan. Namun secara personal, saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengevaluasi apakah iklan tersebut efektif atau tidak:
1. Apakah pesan dalam iklan yang disampaikan tepat sasaran marketnya? Kepada siapa Anda memasarkan? Apakah keyword interest dan demografi sudah sesuai dengan criteria pembeli produk Anda?
2. Apakah iklan Anda JELAS ‘menempel’ di ingatan audience? Apa pesan yang ingin Anda tuturkan? Cukupkah sekali saja orang membaca dia akan mengerti? Mungkinkah gambar dan text di iklan Anda terlalu rumit sehingga sulit dibaca apalagi diingat?
3. Apakah iklan tersebut berhasil mendatangkan Lead (calon pembeli)? Berapa PIN BB yang bertambah? Berapa sms yang masuk? Berapa follower yang baru? Berapa pembeli yang closing dari iklan?
4. Kapan Anda memasang iklan? Jam berapa anda memasang iklan? Pernahkah anda membandingkan hasilnya jika ditayangkan siang atau malam?
5. Dimana Anda memasang iklan? Apa media yang anda gunakan? Mengapa menggunakan media tersebut?

Apakah ada jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut? Sayangnya, tidak ada jawaban yang pasti karena jodoh market bagi produk anda bisa saja berbeda dari orang lain.

Namun tanpa mencoba anda tidak akan pernah tahu hasilnya. Sukses selalu untuk Anda!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapat Hosting & Install Script Wordpres Gratis

1. Disini kita akan mencoba mengklaim hosting gratis via freehostia. Untuk memulai pendaftaran kunjungi situs resminya di www.freehostia.com Berikut Paket-paket yang ditawarkan oleh Freehostia : 2. Selanjutnya untuk memulai menginstall wordpres pada blog kita, silahkan anda cari tulisan wordpres lalu klik sampai ada halaman baru muncul. 3. Setelah halalaman baru muncul, maka di situ anda akan dihadapkan berbagai macam pilihan, mulai dari blog movable type, textpattern, b2evolution, wordpress dll. Karena Anda akan menginstall wordpres pada blog yang akan anda buat nanti, tentunya anda harus memilih menu wordpress (free installation) 4. Berikut form pendaftran yang harus anda isi. 5. Bila data yang anda masukkan sudah benar. Maka akan terbuka jendela baru. Tunggu proses pendaftaran selesai … 6. Anda akan menerima konfirmasi sukses dari freehostia. Segera cek email anda, untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Screen Shot : 7. Sekarang anda login ke email yang anda daftarkan tadi. Lalu b...

Cara Membuat Acount di LinkedIn

Seperti biasa cari di google.co.id , maka akan muncul seperti gambar di bawah ini: Akan muncul seperti ini : Isi seperti di bawah ini yaaaa, setalh itu janganlupa KLIK “Bergabung Sekarang” Mudah kan setelah itu akan tampil gambar seperti ini Setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini, KLIK “Lanjutkan” jika anda sudah mempunyai teman di gmail/di e-mail tersebut, tetapi jika anda baru saja membuat gmail/e-mail anda KLIK saja “Lewati Langkah ini” Setelah itu sekarang tinggal konfrimasi e-mail  Caranya Setelah buka e-mail pastikan anda sudah mengKLIK “Kotak Masuk” , KLIK yang berjudul konfrimasi E-mail LIKNEDIN Kemudian akan tampil seperti di bawah ini  Setelah di KLIK akan muncul gambar seperti ini .. Anda bisa mengelinkan ke Facebook dan juga ke Twitter, maksutnya begini, jika anda sedang update status di LIKEDIN, maka status tersebut akan muncul juga di Facebook dan juga Twitter. Pasti dalam hati anda muncul pertanyaan seperti ini. “Bagaimana bisa??”oke ini jawabnya : Kita...

Membuat Dan Menyetting Channel di Youtube

Ada beberapa hal yang mungkin belum diketahui oleh teman-teman. Misalnya gimana cara setting, gimana cara mengatur title video dan lainnya. Berikut pembahasan selengkapnya… Untuk membuat sebuah channel, silahkan buka youtube.com dan login dengan menggunakan email kamu. Setelah itu masuk ke halaman membuat channel atau saluran baru. Klik buat saluran baru atau create new channel (dalam Bahasa inggris) kemudian lakukan yang apa yang diminta selanjutnya. Lihat gambar di bawah ini…Oya nama channel lebih baik mengandung keyword atau kata kunci. Selanjutnya kita akan melihat halaman untuk pengaturan foto profile, sampul channel, pengaturan deskripsi channel dan lainnya. Silahkan di edit sesuai dengan yang diinginkan. Foto profilenya bisa dicari saja di google image. Untuk sampul bisa menggunakan gambar yang disediakan oleh youtube gallery atau cari saja di google image. Nah untuk linknya kita bisa memasukkan link fanspage facebook, twitter dan link website kita. Sedangkan untuk deskripsi, si...