Langsung ke konten utama

Mengapa Harus SEO dan Internet Marketing?

Internet Marketing

Dari sekian banyak orang yang terus-terusan mempelajari banyak hal mengenai Internet Marketing dan SEO dengan lahapnya, tetap saja masih ada yang bertanyatanya apa sih itu SEO? Dan apa gunanya Internet Marketing? Saya akan coba jelaskan terlebih dahulu mengapa Anda harus mendalami SEO dan internet
marketing?

Belum lama ini , MarkPlus Insight merilis sebuah data terkait survei pengguna internet di Indonesia tahun 2013. "Pengguna internet di Indonesia tahun tersebut naik 22% dibanding tahun sebelumnya, dan jumlah pengguna internet saat 2013 kemarin mencapai 74,57 juta," ujar Chief Executive Marketeers Waizly Darwin dalam Marketeers Dinner Seminar Indonesia Netizen Survei 2013: What Every Marketer Should Know About Indonesian Internet Users di Hotel Four Seasons pada Senin (28/10) 2013.

Dengan angka tersebut, artinya sekitar 30,1% menggunakan internet dari populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 245 juta dan mayoritas pengguna masih didominasi oleh penduduk perkotaan dengan jumlah 62,19 juta. Waizly memperkirakan dengan angka penetrasi tersebut, pada tahun 2016 atau 2017 persentase penetrasi pengguna internet di Indonesia akan mencapai 50%. Dan dipastikan setiap tahun presentase penggunaan internet akan terus bertambah secara signifikan.

Meskipun tahun 2013 itu naik 22% dari tahun sebelumnya, ternyata pertumbuhan netizen sendiri masih terbilang kecil. "Kenaikan penetrasi netizen hanya naik sekitar 3% saja dibanding tahun lalu. Dari total pengguna internet, hanya 31,7 juta yang bisa dikategorikan netizen.

Netizen adalah pengguna internet lebih dari 3 jam per hari," ujar Levina Yulianti, Chief Operations MarkPlus Insight.

Ada lagi yang lebih mencengangkan, apa itu ? Ternyata ada sekitar 69,3 % responden menganggarkan belanja mereka untuk berinternet. Dan anehnya lagi, angka ini lebih besar dari responder yang menganggarkan belanja merreka untuk perut mereka sendiri yaitu sekitar 63,3%. Sementara sekitar 59,4% pengguna internet mengeluarkan dana secara impulsif tanpa terencana untuk berbelanja, baru setelah itu 38,2% untuk kebutuhan akan hiburan.

Tidak hanya itu, dari jumlah pengguna internet yang pernah belanja online naik 5% dibanding tahun lalu. Terjadi peningkatan angka pengguna internet yang pernah belanja online mencapai 20,3% dan di sosial media mencapai 56%.

Nah dengan data-data yang sudah dijabarkan diatas, maka peluang berbisnis online via web dan sosial media sangat besar sekali. Maka dari itu, bagi anda yang masih ragu akan dahsyatnya bisnis online, segera buang jauh-jauh pemikiran yang kurang sehat tersebut. Bisnis di dunia maya begitu menjanjikan, dan ini sudah dibuktikan oleh banyak orang, termasuk penulis dan keluarga penulis bergelut dibidang bisnis online.

Namun, bisnis online itu tidak sekedar berjualan dionline menawar-nawakan suatu produk ataupun jasa. Anda wajib mengetahui cara-cara yang jitu agar bisnis online kita tetap eksis di dunia maya, dan menghasilkan pendapatan yang bergelimangan?

Bagaimana melakukan itu semua? Akan dikupas tuntas dalam artikel ini.

Antara SEO, SEM, dan Internet Marketing

SEO atau Search Engine Optimization menurut wikipedia adalah proses meningkatkan visibilitas sebuah website atau halaman web di search engine melalui cara natural (alami) atau tidak berbayar (“organik”atau ”algorithmic ”) di dalam hasil pencarian berdasarkan keyword.

Kegiatan ber-SEO ini dilakukan oleh para ahli SEO ataupun para pemula SEO agar halaman website yang di SEO kan itu muncul di halaman pertama, atau istilahnya itu nangkring di page one. Atau setidaknya nangkring di halaman kedua. Atau lebih parahnya ditampilkan di semua halaman google untuk keyword tertentu. Mengerikan sekali jika sudah seperti ini. Ck ck ck ck...

Sedangkan SEM atau Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran Internet yang bertujuan untuk mempromosikan website di halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar melalui penempatan dibayar, iklan kontekstual, dan inklusi berbayar. Atau lebih tepatnya SEM adalah mengiklankan dengan kata kunci tertentu pada search engine seperti Google AdWords, Facebook Ads ataupun Yahoo Search Marketing dengan pembayaran Pay Per Click.

Jadi kalo SEO itu gratis tapi natural, kata wikipedia :), sedangkan SEM itu berbayar.

Lalu internet marketing sendiri adalah semua tools, media, yang digunakan dalam bermarketing ria via online, baik social media, search engine marketing, dan search engine optimization adalah salah satu tools-nya yang menunjang kegiatan internet marketing. Cuma cara-cara berinternet marketing di dunia maya/online itu berbeda dengan marketing konvensional, internet marketing itu cenderung dengan pemberian edukasi berupa konten / artikel. Nah loh, saya sudah buka kartu duluan. Tapi apa sih maksudnya? PR untuk kedepannya.

Memetakan Pekerjaan
Beginilah peta pekerjaan yang seharusnya

“1 : 99 = 1% pekerjaan marketer,
99% pekerjaan konsumen”
1 banding 99, pekerjaan seorang marketter itu harusnya hanya 1 persen saja, sisanya 99% itu dilakukan oleh konsumen Anda, entah itu member Anda ataupun visitor dari website Anda.

Namun yang kebanyakan terjadi di lapangan adalah seperti ini :

“99 : 1 = 99% pekerjaan marketer,
1% pekerjaan konsumen”

Pada awalnya memang harus begini dulu, bersakit-sakit dahulu, mati eh senang kemudian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Ada 7 Anatomi PENTING dalam Broadcast. Berikut adalah penjelasan lebih detilnya... 1. HEADLINE Tujuan: “MAU BUKA BROADCAST ANDA” Survey komunikasi visual membuktikan, kemampuan mata dan otak untuk membaca setiap broadcast BBM hanyalah 1,4 detik. Inilah fungsi dari headline. Ada 4 jenis Headline: Jebakan Berikut adalah contoh-contoh headline jebakan: HEADLINE JEBAKAN  Kamu dimana?  Oh ya, nomor rekeningnya berapa ya?  Yang itu harganya berapa sist?  Tadi saya udah transfer ya….  Warna lain ada sist?  Aaahh… tadi itu keren banget!  Katanya kamu bilang…  Kamu ternyata benar…  Saya lupa, tadi tuh gimana ya?  Gratis kan ya?  Ada bonusnya nggak?  Wow!  Kapan kita ketemuan?  Boleh lihat yang itu?  Kok susah dihubungi sih?  Berapa harganya? Pertanyaan Berikut contoh-contoh headline pertanyaan: HEADLINE PERTANYAAN  Apa Anda ingin tahu tentang………  Apa Anda tertarik dengan…………  Apa Anda dibuat penasaran oleh…….  Apa Anda siap untuk………  Apa Anda mau uang tambahan Rp…………. tiap

RISET PRODUK CHINA MURAH DAN LARIS

Masuknya produk elektronik maupun gadget asal Cina ke Indonesia telah mempengaruhi produksi merk-merk lain. Murahnya elektronik dan gadget buatan Cina, menjadi alasan tertariknya konsumen membeli berbagai produk buatan Cina. Barang-barang elektronik produksi China seperti televisi, VCD atau DVD player masih tampak dipajang disejumlah toko di pasar elektronik. Sejak masuknya produk China ke Indonesia, permintaan terhadap produk negeri negara bambu itu cukup tinggi kenaikannya. Biasanya pembeli terutama kalangan menengah kebawah memilih produk Cina, karena harganya yang juah lebih murah dari produk dengan merk ternama yang sudah ada. Meski dari segi kualitas dan daya tahan, barang produksi Cina masih diragukan. Berbagai produk terutama elektronik yang membanjiri Indonesia didominasi produk asal China terutama jenis laptop dan telepon seluler (ponsel). Meningkatnya produk China di pasaran Indonesia, dikarenakan barang yang dijual di pasaran lebih murah dibandingkan barang yang lainnya. Be

APA ITU HABIT

Habit adalah tindakan yang kita lakukan tanpa harus berpikir seolah-olah dikerjakan secara otomatis. Hidup kita terdiri dari sekumpulan habit. Banyak hal yang kita lakukan dikerjakan tanpa beban karena sudah menjadi kebiasaan. Anda tidak pernah lupa menyikat gigi saat mandi pagi. Beberapa orang otomatis akan meraih handphone jika bosan. Beberapa yang lain akan menyulut sebatang rokok begitu selesai makan. Semuanya dikerjakan otomatis karena sudah menjadi rutinitas. Itulah habit. Ada bagian otak manusia yang juga dapat ditemukan di kepala ikan, reptile dan mamalia lainnya. Bagian ini bernama galia basal. Hasil penelitian menyatakan bahwa bagian ini pusat pengingatan pola-pola kebiasaan di saat bagian otak lain tertidur. Anda tidak begitu saja bisa mngendarai kendaraan bukan? Saat pertama kali belajar, anda sangat sadar bagaimana memindahkan gigi, mengerem, dan memberi rambu saat berbelok. Namun kini anda bisa melakukannya sambil ngobrol, mendengarkan musik, atau bahkan melamunkan hal la