Langsung ke konten utama

Menentukan Target Pasar Anda

Salah satu penyebab produk kita susah laku adalah SALAH MEMBIDIK TARGET PASAR. Contoh kasus salah membidik target pasar ini semacam ini, Kita jualan panduan tips hamil, tetapi kita mempromosikan panduan itu ke semua pengguna Facebook, ke bapak-bapak, ke mahasiswa, ke ibu rumah tangga, ke karyawan kantoran, ke dokter, ke semua orang.

Kira-kira apa yang terjadi? Apakah akan ada yang membeli produk kita?
ADA… tapi… saya bisa pastikan kita akan capek sendiri. Ingatlah bahwa tenaga kita itu terbatas, kita tidak bisa membidik semua orang untuk menjadi target konsumen produk kita. Di awal akan sangat baik kalau kita mencoba dengan yang namanya FOKUS.

Kalau jualan panduan tips hamil, ya targetin kepada ibu-ibu yang sudah tidak sabar ingin hamil. Misalnya ke ibu-ibu muda yang baru nikah. Dijamin produk Anda bakalan lebih menarik bagi mereka. Berikut beberapa contoh perusahaan yang melakukan segmentasi pasar (fokus pada satu ceruk pasar).
  • Lion Air memiliki slogan we make people fly, ini artinya perusahaan penerbangan ini membidik target pasar menengah.Sesuai slogannya, perusahaan ini berusaha menerbangkan semua orang, maka dari itu tarif yang dikeluarkan oleh Lion Air jelas berbeda dengan maskapai lainnya. Ini terjadi karena Lion Air membidik target pasar menengah, sehingga harga yang mereka tawarkan jelas lebih murah.
  • Apple punya slogan think different,ini menandakan Apple membidik target konsumen yang suka berpikir berbeda alias think different. Coba Anda bandingkan produk-produk Apple dengan produk gadget lainnya, seperti Samsung,Nokia atau yang lainnya, jelas produk Apple punya perbedaan. Ini terjadi karena Apple memang membidik segmen pasar yang berbeda. Mereka membidik pengguna gadget yang suka berpikir berbeda, pengguna gadget yang tidak hanya peduli pada harga tetapi juga pada keistimewaan.

Segmentasi pasar akan menguntungkan kita, sebab :
· Menghemat waktu kita. Kita tidak harus membidik ke semua orang, kita bisa FOKUS pada mereka yang merupakan calon pembeli potensial produk kita. Karena kita bisa FOKUS, kita bisa lebih efisien.
· Menghemat modal yang kita keluarkan tenaga.
· Fokus pada pasar tertentu akan membuat kita lebih kreatif dalam membidik pasar tersebut. Ketika pikiran kita terfokus pada target pasar A, maka kita akan benar terpusat ke sana. Segala tenaga dan pikiran kita akan terfokus pada target A, alhasil kita bisa melahirkan lebih banyak ide dan strategi kreatif dalam mengeksplorasi target A tadi sehingga kita bisa mendapatkan lebih banyak penjualan.

Sekaran yang harus Anda lakukan adalah menentukan segmentasi pasar dari produk yang akan Anda pasarkan.

Bagaimana cara melakukan segmentasi produk? Langkah langkah sederhananya seperti ini.

  • Cari tahu, siapa sih orang-orang yang kira-kira butuh produk Anda. Apakah mereka kalangan ibu-ibu yang baru nikah? Apakah mereka para penggemar sepak bola klub Barcelona, apakah mereka mahasiswa yang butuh jasa penerjemahan, atau siapa? Pokoknya pikirkan baik-baik orang-orang yang nantinya akan jadi pembeli produk Anda.Contoh paling GAMPANG nih, Anda jualan jersey klub sepak bola? Siapa sih target Anda? Jelas orang-orang yang hobi bola dong, misalnya ya fans dari klub-klub seperti Barcelona, MU, Madrid, Milan, dll. 

Menentukan Target Pasar Anda
Setelah Anda tahu siapa target market Anda, MAKA CARI TAHU di mana mereka bisa
Anda jumpai. Contoh untuk target pasar penggemar klub sepak bola, fans-fans klub
sepak bola bisa dengan mudah kita jumpai di berbagai halaman klub sepak bola yang
ada di Facebook. Nah setelah tahu di mana mereka (target) biasa mangkal, barulah kita
lakukan serangan gencar ke sana guna menyihir mereka menjadi pembeli produk kita.
Menentukan Target Pasar Anda
Fans dari sebuah klub sepak bola kita jumpai di halaman Facebook klub tersebut
Sekarang… saya sudah benar-benar tidak sabar untuk segera mengajak Anda terjun ke lapangan untuk segera bermain yang namanya permainan Facebook marketing. Ayo kita mulai jualan memakai Facebook.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Anatomi Penting dalam Broadcast

Ada 7 Anatomi PENTING dalam Broadcast. Berikut adalah penjelasan lebih detilnya... 1. HEADLINE Tujuan: “MAU BUKA BROADCAST ANDA” Survey komunikasi visual membuktikan, kemampuan mata dan otak untuk membaca setiap broadcast BBM hanyalah 1,4 detik. Inilah fungsi dari headline. Ada 4 jenis Headline: Jebakan Berikut adalah contoh-contoh headline jebakan: HEADLINE JEBAKAN  Kamu dimana?  Oh ya, nomor rekeningnya berapa ya?  Yang itu harganya berapa sist?  Tadi saya udah transfer ya….  Warna lain ada sist?  Aaahh… tadi itu keren banget!  Katanya kamu bilang…  Kamu ternyata benar…  Saya lupa, tadi tuh gimana ya?  Gratis kan ya?  Ada bonusnya nggak?  Wow!  Kapan kita ketemuan?  Boleh lihat yang itu?  Kok susah dihubungi sih?  Berapa harganya? Pertanyaan Berikut contoh-contoh headline pertanyaan: HEADLINE PERTANYAAN  Apa Anda ingin tahu tentang………  Apa Anda tertarik dengan…………  Apa Anda dibuat penasaran oleh…….  Apa Anda siap untuk………  Apa Anda mau uang tambahan Rp…………. tiap

RISET PRODUK CHINA MURAH DAN LARIS

Masuknya produk elektronik maupun gadget asal Cina ke Indonesia telah mempengaruhi produksi merk-merk lain. Murahnya elektronik dan gadget buatan Cina, menjadi alasan tertariknya konsumen membeli berbagai produk buatan Cina. Barang-barang elektronik produksi China seperti televisi, VCD atau DVD player masih tampak dipajang disejumlah toko di pasar elektronik. Sejak masuknya produk China ke Indonesia, permintaan terhadap produk negeri negara bambu itu cukup tinggi kenaikannya. Biasanya pembeli terutama kalangan menengah kebawah memilih produk Cina, karena harganya yang juah lebih murah dari produk dengan merk ternama yang sudah ada. Meski dari segi kualitas dan daya tahan, barang produksi Cina masih diragukan. Berbagai produk terutama elektronik yang membanjiri Indonesia didominasi produk asal China terutama jenis laptop dan telepon seluler (ponsel). Meningkatnya produk China di pasaran Indonesia, dikarenakan barang yang dijual di pasaran lebih murah dibandingkan barang yang lainnya. Be

APA ITU HABIT

Habit adalah tindakan yang kita lakukan tanpa harus berpikir seolah-olah dikerjakan secara otomatis. Hidup kita terdiri dari sekumpulan habit. Banyak hal yang kita lakukan dikerjakan tanpa beban karena sudah menjadi kebiasaan. Anda tidak pernah lupa menyikat gigi saat mandi pagi. Beberapa orang otomatis akan meraih handphone jika bosan. Beberapa yang lain akan menyulut sebatang rokok begitu selesai makan. Semuanya dikerjakan otomatis karena sudah menjadi rutinitas. Itulah habit. Ada bagian otak manusia yang juga dapat ditemukan di kepala ikan, reptile dan mamalia lainnya. Bagian ini bernama galia basal. Hasil penelitian menyatakan bahwa bagian ini pusat pengingatan pola-pola kebiasaan di saat bagian otak lain tertidur. Anda tidak begitu saja bisa mngendarai kendaraan bukan? Saat pertama kali belajar, anda sangat sadar bagaimana memindahkan gigi, mengerem, dan memberi rambu saat berbelok. Namun kini anda bisa melakukannya sambil ngobrol, mendengarkan musik, atau bahkan melamunkan hal la